Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat investasi untuk masa depan

Investasi merupakan kegiatan untuk menanam modal atau aset pada suatu kegiatan usaha dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat di kemudian hari. Ya, meskipun istilah investasi ini lebih dikenal pada kegiatan usaha skala besar, namun investasi juga bisa dilakukan oleh perseorangan dengan skala kecil.

Bahkan investasi juga bisa dilakukan oleh pelajar-pelajar sekolah atau mahasiswa yang duduk di perguruan tinggi. Perlu diketahui bahwa untuk berinvestasi di jaman sekarang ini tidak lagi membutuhkan modal besar. Anda sudah bisa berinvestasi mulai dari Rp100 ribu saja untuk memulainya.

manfaat investasi

Meskipun modal yang digunakan untuk ber-investasi ini terbilang kecil, namun jika dimulai dari usia muda, maka manfaatnya bisa sangat terasa di kemudian hari, dengan catatan anda memilih jenis investasi yang tepat. Lebih dari itu, investasi ini bisa jadi sumber penghasilan terbesar kedua setelah gaji.

Pada artikel berikut, baba akan memberi gambaran dan informasi kepada anda tentang apa saja manfaat investasi untuk masa depan.


1. Menambah dan meningkatkan nilai Aset dan kekayaan

Manfaat investasi yang paling cepat akan dirasakan adalah bertambahnya nilai aset dan kekayaan yang dimiliki. Dengan berinvestasi, berarti kita mendayagunakan sebagian aset yang kita miliki untuk dapat berkembang dan meningkat secara mandiri, baik berupa nilai ataupun jumlah dari aset tersebut.

Aset disini tidak hanya sebatas pada properti atau bangunan saja, namun aset dalam bentuk emas, saham ataupun uang dan dana yang sudah masuk dan bernilai investasi. Saat aset tadi sudah memiliki nilai investasi, maka seiring dengan berjalannya waktu akan terjadi pertambahan nilai dari aset tersebut.

Semakin lama waktu yang digunakan, umumnya nilai aset akan semakin bertambah dan meningkat. Berkembangnya aset investasi ini tentunya akan berbanding lurus dengan berkembangnya kekayaan yang dimiliki.


2. Merdeka dalam hal keuangan (Financial freedom)

Manfaat investasi yang berikutnya adalah kemerdekaan finansial. Merdeka secara finansial bisa diartikan bahwa seluruh kebutuhan hidup bisa terpenuhi tanpa perlu merasa khawatir dengan kondisi keuangan yang dimiliki.

Aset yang dimiliki dan dimasukkan menjadi aset investasi tentunya bisa mendatangkan uang yang dapat mengisi pundi-pundi rekening menjadi semakin banyak sehingga kita dapat menghidupi kebutuhan sehari-hari mulai dari kebutuhan sandang, pangan, papan, pendidikan hingga kesehatan dengan seluruh kekayaan yang dimiliki tanpa harus bekerja keras.

Baca juga :


3. Terhindar dari inflasi

Manfaat investasi yang selanjutnya adalah dengan investasi kita bisa terhindar dari inflasi mata uang. Ya, hampir bisa dirasakan jika inflasi terjadi hampir disetiap tahunnya. Inflasi akan membuat nilai mata uang yang kita miliki selalu mengalami penurunan sehingga nilainya menjadi semakin berkurang.

Untuk menghindari hal tersebut tentunya diperlukan usaha untuk menjaga nilai mata uang dari penurunan akibat inflasi yang terjadi. Salah satunya adalah dengan melakukan investasi.

Investasi bisa memberikan hasil lebih dibandingkan dengan aset atau uang yang disimpan begitu saja.Dengan melakukan investasi, penurunan nilai mata uang akibat inflasi bisa dihindari selama tingkat persentase dari hasil investasi ini selalu lebih besar dari persentase inflasi yang terjadi.


4. Mempersiapkan masa depan yang lebih terjamin

Manfaat investasi bagi masa depan adalah untuk mempersiapkan masa depan yang lebih terjamin. Ya, tidak ada yang dapat terhindar dari yang namanya usia senja. Memasuki usia senja, kemampuan fisik untuk bekerja dan mencari uang tentunya sudah menurun. Hal ini tentunya berimbas pada penghasilan yang didapat dibandingkan dengan usia emas dan produktif.

Dengan berinvestasi sejak usia muda, hal ini menjadi cara terbaik untuk mempersiapkan masa tua yang lebih terjamin. Investasi yang tepat bisa membawa hasil di kemudian hari seperti saat memasuki usia senja tersebut. Dengan begitu, kebutuhan hidup dan kesehatan masih bisa tercover dengan baik meskipun kemampuan untuk mencari uang sudah menurun.


5. Mempertajam kemampuan dalam mengelola keuangan

Manfaat investasi yang terakhir baba ketahui adalah untuk mempertajam kemampuan diri dalam mengelola keuangan. Ya, investasi tentunya membutuhkan perhitungan-perhitungan dasar yang umum diketahui guna menggapai harapan untuk mendapatkan keuntungan dari hasil investasi tersebut.

Dengan berinvestasi setidaknya kita mulai mempertajam kemampuan dalam mengelola keuangan mulai dari memperluas wawasan tentang sumber dana yang akan digunakan untuk berinvestasi, meningkatkan kebijakan dalam mengeksekusi mana investasi yang akan dipilih, serta mengasah tangung jawab dan rasa percaya diri terhadap investasi yang dilakukan. Semua itu, akan didapatkan seiring berjalannya waktu ketika investasi mulai dikerjakan.