Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belanja bijak, pola cerdas mengatur keuangan.

Yang namanya belanja itu rasanya sangat menyenangkan. Bahkan bagi beberapa orang, aktivitas belanja ini sudah menjadi kegiatan rutin yang tidak mau untuk dilewatkan. Belum lagi jika ada penawaran dan promo besar-besaran, pastilah orang yang memang hobi dan gila belanja langsung menyerbu tempat tersebut.

Pola hidup konsumtif yang berlebihan bagi orang yang hobi belanja, pelan tapi pasti bisa membuat jebol kondisi keuangan. Untuk menghindari kondisi tersebut,  tentulah prinsip smart shopping alias belanja bijak sangat penting untuk Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

belanja bijak pola cerdas mengatur keuangan

Sederhananya, belanja bijak itu adalah membeli sesuatu yang memang dibutuhkan, bukan diinginkan. Jika Anda menerapkan ini setiap kali berbelanja tentunya bisa membuat Anda lebih menghemat uang, sekaligus menjaga kondisi keuangan agar tetap sehat dan sesuai prioritas.

Berikut ada beberapa tips untuk menciptakan pola belanja bijak yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.


1. Buatlah catatan daftar barang belanja beserta anggarannya.

Membuat catatan barang-barang yang akan dibeli sebelum pergi berbelanja sangat membantu kita untuk tetap fokus terhadap apa yang akan dibeli.

Catatan belanja dapat mengingatkan kita untuk menghindari pembelian barang-barang yang memang belum dibutuhkan atau bahkan tidak dibutuhkan saat ini juga. Melakukan hal ini memungkinkan Anda untuk tetap konsisten menjaga biaya pengeluaran.


2. Fokus pada kualitas dan nilai guna barang yang akan dibeli.

Seringkali kita terjebak pada merek suatu barang sehingga melupakan fungsi dan kegunaan dari barang tersebut. Kalau memang ada barang yang lebih murah tapi memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda atau bahkan mungkin sama dengan barang bermerek, kenapa kita tidak membelinya ?

Cobalah untuk memusatkan pada nilai guna dari barang yang akan di beli. Dengan begitu, kita bisa memiliki kelebihan uang yang pastinya dapat dipergunakan untuk keperluan lain.


3. Pahami fitur dan kegunaan produk sebelum membelinya

Tidak ada salahnya jika  kita mencermati terlebih dahulu barang-barang yang akan di beli. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang produk tersebut, lakukanlah perbandingan produk sejenis baik dari sisi kegunaan maupun harga. Dengan begitu barang yang kita beli benar-benar bisa kita dapatkan dengan harga yang terbaik serta dapat digunakan dengan optimal.


4. Kritis terhadap tawaran diskon dan iklan

Saat berbelanja, banyak kita temukan hamparan iklan dengan diskon dan harga yang "terlihat murah". Oleh karena itu, kita dituntut untuk lebih cerdas dan kritis terhadap penawaran iklan tersebut karena pada dasarnya iklan bisa "menciptakan kebutuhan"


5. Bawalah uang tunai secukupnya

Anggaran belanja sudah Anda tentukan, maka hal terbaik berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan membawa uang tunai yang sesuai dengan anggaran daftar belanja tersebut.  Kalaupun diberi kelebihan, sebaiknya hanya sebagai uang jaga-jaga saja. Usahakan untuk menghindari penggunaan kartu ATM dan kartu kredit.


6. Pastikan kita benar benar membutuhkan

Saat belanja, barang-barang disekitar  kita seringkali terlihat begitu menggoda untuk bisa kita miliki. Kalaupun ada barang yang ingin kita beli namun diluar daftar belanja, pastikan ulang, lalu  kembalilah beberapa hari kemudian kalau barang itu benar-benar kita butuhkan dan bukan hanya sekedar keinginan.

Dengan menerapkan tips dan kiat-kiat  diatas saat berbelanja, dapat membantu kita untuk lebih bijak dan cerdas dalam mengatur serta mengelola keuangan kita sendiri sehingga perilaku boros yang akan merugikan keuangan bisa dihindari.