Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tempat Liburan Akhir Tahun Murah Di Toraja

Liburan akhir tahun murah di Toraja - Sulawesi memang terkenal dengan banyaknya tempat wisata yang populer disertai pemandangan alam yang menakjubkan. Seperti contohnya pada keindahan bawah laut di taman Laut Bunaken dan pulau-pulau sekitarnya.

Tidak hanya itu, pilihan lain di Pulau Sulawesi yang juga menjadi tujuan wisata yang tidak kalah menarik adalah Tana Toraja. Di sini Anda dapat melihat keindahan unik dan menarik yang sulit untuk dibanding-bandingkan dengan wisata lainnya diseluruh Indonesia.

liburan akhir tahun murah di toraja

Nah, bagi Anda yang ingin mengunjungi Tana Toraja, kami merangkum beberapa tempat rekomendasi wisata liburan akhir tahun murah di Toraja. Berikut ulasannya.


1. Pallawa

Saat Anda mengunjungi Toraja, tepatnya di daerah Pallawa, Anda harus mengunjungi rumah Tongkonan tradisional di sana. Rumah Tongkonan memiliki beberapa fungsi penting bagi masyarakat Toraja seperti sebagai pusat administrasi, pusat budaya, pusat konseling keluarga, santai keluarga, dan pembinaan kegotong-royongan, serta masih banyak lagi.

Salah satu tempat yang dapat Anda kunjungi untuk melihat rumah Tongkonan di Toraja adalah Pallawa. Sekarang tempat ini sudah menjadi salah satu tempat paling bersejarah di Toraja.

Menariknya, selain melihat keindahan arsitektur Tongkonan disana, Anda bisa melihat pembuatan kain tenun tradisional dengan hasil aslinya. Untuk mengakses Pallawa, Anda dapat mengaksesnya dari ibukota Toraja Utara yang menempuh waktu perjalanan sekitar 30 menit.


2. Museum Ne’Gandeng

Bagi Anda yang menyukai wisata sejarah, Anda dapat mengunjungi Museum Ne'Gandeng. Terletak di Palangi desa, Kecamanatan Balusu Sa'dan Toraja, museum ini masih dirawat oleh masyarakat setempat di bawah naungan Agung Ne'Gandeng Family Foundation.

Nama Ne'Gandeng sendiri diambil dari nama nenek moyang Tana Toraja yang meninggal pada tanggal 3 Agustus 1994. Pembuatan museum Ne'Gandeng merupakan upaya untuk memperingati luhurnya akan nikmat hidup.

Ketika Anda berkunjung di sini, Anda akan melihat rumah Toraja berbentuk gubuk-gubuk tradisional. Tempat itu telah disiapkan bagi pengunjung yang datang untuk mengunjungi makam Ne'Gandeng. Selain itu, galeri Ne'Gandeng juga sering digunakan sebagai prosesi pemakaman untuk keluarga.

Baca juga :


3. Batutumonga

Dengan keindahan Toraja, Anda juga dapat menjelajahinya dengan mengunjungi daerah yang bernama Batutumonga. Berkunjung ke sini, Anda akan disajikan dengan pemandangan alam selama perjalanan.

Ada dua kali kesempatan untuk dapat melihat pemandangan indah di Batutumonga. Yang pertama adalah ketika matahari terbit di mana Anda dapat melihat matahari terbit bersinar dengan pemandangan sawah dan bukit-bukit hijau di sana. Sementara itu, pada malam hari Anda dapat melihat kelap-kelip lampu yang indah dari kota Rantepao.


4. Kete Kesu

Di Toraja, Anda juga dapat mengunjungi Kete Kusu. Namun, Anda harus membayar untuk berkunjung ke salah satu kota adat di Kete Kusu.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke sini hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Oleh karena Kete Kesu masih sebuah desa tradisional, Anda dapat melihat rumah-rumah tradisional Toraja asli Tongkonan.

Rumah-rumah tersebut masih sangat tradisional karena dibangun dengan benda-benda seperti kayu dan bambu untuk membangunnya.

Di bagian depan, Anda dapat melihat tanduk kerbau yang diawetkan dan dirawat. Tanduk kerbau adalah simbol dari pemilik kemakmuran yang tinggal di sana. Karena hidup di tempat-tempat ini masih sangat tradisional, maka Anda juga akan menemukan banyaknya lumbung padi disana.


5. Pesona Ollon

Bukit-bukit tangga yang juga dapat Anda temukan di Toraja adalah Ollon. Tempat wisata di Toraja ini merupakan sebuah lembah hijau dengan perbukitan yang sangat selaras sehingga menjadikan pemandangan di wilayah ini menjadi sangat spektakuler.

lembah hijau ini hanya berjarak 40 kilometer dari kota Makale. Keindahan perjalanan menjadi lebih populer saat melihat Ollon dimana banyak wisatawan yang berselfie karena bentuknya yang bagus untuk background media sosial.

Dengan kontur yang berliku-liku, perjalanan ke Ollon memiliki banyak bukit dan padang rumput hijau. Selain itu, ada juga banyak perusahaan perjalanan ke Ollon yang memfasilitasi pengalaman perjalanan dengan berkuda.

Selain itu, kuda juga tersedia di padang rumput di sekitar sana. Namun, karena daerah ini masih tradisional maka tidak ada fasilitas modern, bahkan untuk makan dan minum Anda harus membawa perlengkapan sendiri dari kota.


6. Air Terjun Talondo Tallu

Buttu dusun yang terletak di Pali, Lembang Balipe, Kebupaten Tana Toraja, menyimpan sebuah Air Terjun emnawan yang dikenal dengan nama Talondo Tallu.Air terjun ini hanya sekitar 30 kilometer dari kota Makale.

Keunikan Air Terjun Talondo Tallu itu sendiri terletak di air mancurnya dimana tiga bagian mengarah ke kolam renang yang sangat memukau. Tiga air berasal dari dua sungai yaitu puncak dan sungai Pekalian. Di sini, wisatawan bisa melakukan berbagai kegiatan yang menarik dan bersantai di air terjun atau berenang di kolam renang nya.


7. Londa

Sebuah tempat tak lebih tak kurang untuk dikunjungi di Toraja adalah Londa. Tempat ini berupa makam yang terletak di tebing berbatu Toraja. Londa sendiri dapat diakses dari Rantepao yang berjarak sekitar 7 kilometer jauhnya.

Di sana Anda akan melihat banyak gua-gua dan lubang di tebing yang diukir untuk menempatkan peti mati. Peletakan peti mati juga tidak harus sewenang-wenang, tetapi harus berdasarkan aturan menurut garis keturunan mereka.

Itulah beberapa informasi tentang liburan akhir tahun murah di Toraja yang menarik untuk Anda kunjungi. Jika Anda memiliki rencana liburan di Sulawesi, cobalah berkunjung di beberapa tempat yang kami sebutkan di atas. Semoga info ini menjadi referrensi bagi Anda yang akan memiliki rencana liburan.