Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Urutan zodiak berdasarkan tanggal lahir

Zodiak sendiri sebenarnya merupakan sebuah sabuk khayal dilangit dengan lebar sebesar 18° yang berpusat pada lingkaran ekliptika atau rasi bintang. Oleh karenanya, wawasan tentang zodiak ini sebenarnya termasuk ke dalam ilmu astronomi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang benda-benda di langit khususnya rasi bintang.

Oleh karena semua planet di tata surya seperti bumi, matahari, dan bulan beredar di sepanjang lingkaran ekliptika, maka otomatis mereka semua juga beredar di antara zodiak yang kemuncullannya dilangit dapat diperhatikan saat pergantian bulan terjadi.

urutan zodiak berdasarkan tanggal lahir

Disinilah kemudian muncul ilmu astrologi yang menghubungkan antara gerakan benda-benda di tata surya dengan nasib manusia. Sehingga tak jarang, banyak orang yang menghubungkannya dengan zodiak yang disandingkan berdasarkan tanggal lahir.

Ya, tiap-tiap orang memiliki zodiaknya sendiri-sendiri yang diurutkan berdasarkan tanggal lahirnya. Urutan ini di dasarkan pada waktu munculnya rasi bintang zodiak yang sesuai dengan bulan kemunculannya dilangit. Seperti misalnya, Zodiak Capricorn akan disematkan pada orang-orang yang lahir pada tanggal 22 Desember sampai 20 Januari.

Artikel berikut akan memaparkan urutan zodiak berdasarkan tanggal lahir yang dilihat dari urutan horoskop serta penanggalan masehi. Berikut urutan zodiak berdasarkan tanggal lahir.


1. Aries

zodiak aries
Tanggal lahir : 20 Maret - 19 April

Zodiak Aries merupakan zodiak yang berada di urutan pertama (1) dalam daftar horoskop. Zodiak Aries berasal dari konstelasi rasi bintang Aries. Zodiak Aries memiliki elemen api dan menggunakan simbol domba sebagai lambang zodiak Aries. Mereka yang lahir pada tanggal 20 Maret sampai 19 April dianggap memiliki zodiak Aries.


2.Taurus

zodiak taurus
Tanggal lahir : 20 April - 20 Mei

Zodiak dengan urutan kedua dalam daftar horoskop ini adalah Zodiak Taurus. Zodiak Taurus berasal dari konstelasi rasi bintang Taurus. Zodiak Taurus memiliki elemen tanah dan menggunakan simbol banteng atau sapi jantan sebagai lambang untuk zodiaknya. Mereka yang lahir pada tanggal 20 April sampai 20 Mei dianggap memiliki zodiak Taurus.


3. Gemini

zodiak gemini
Tanggal lahir : 21 Mei - 20 Juni

Zodiak Gemini berada di urutan ketiga dalam daftar horoskop. Zodiak Gemini berasal dari konstelasi rasi bintang Gemini. Zodiak ini memiliki elemen angin dan untuk simbolnya, zodiak Gemini menggunakan simbol saudara kembar. Mereka yang lahir pada tanggal 21 Mei sampai 20 Juni memiliki zodiak Gemini.


4. Cancer

zodiak cancer
Tanggal lahir : 21 Juni - 22 Juli

Zodiak Cancer masuk di urutan keempat dalam daftar horoskop. Zodiak Cancer berasal dari konstelasi rasi bintang Cancer. Zodiak Cancer memiliki elemen air, dan simbol yang digunakan oleh zodiak Cancer ini adalah kepiting atau lobster. Mereka yang lahir pada tanggal 21 Juni sampai 22 Juli dianggap memiliki Zodiak Cancer.


5. Leo

zodiak leo
Tanggal lahir : 23 Juli - 22 Agustus

Zodiak Leo berada di urutan kelima dalam daftar horoskop. Zodiak Leo berasal dari konstelasi rasi bintang Leo. Elemen yang menaungi Zodiak Leo ini adalah elemen api. Selain itu, simbol yang digunakan oleh Zodiak Leo ini adalah singa. Orang yang lahir pada tanggal 23 Juli sampai 22 Agustus dianggap memiliki zodiak Leo.


6. Virgo

zodiak virgo
Tanggal lahir : 23 Agustus - 22 September

Zodiak Virgo berada di urutan keenam dalam daftar horoskop. Zodiak Virgo berasal dari konstelasi rasi bintang Virgo. Zodiak Virgo ini memiliki elemen tanah dan menggunakan simbol seorang perawan. Mereka yang lahir pada tanggal 23 Agustus sampai 22 September dianggap memiliki zodiak Virgo.


7. Libra

zodiak Libra
Tanggal lahir : 23 September - 22 Oktober

Zodiak Libra merupakan zodiak dengan urutan ketujuh dalam daftar horoskop. Zodiak Libra berasal dari konstelasi rasi bintang Libra. Zodiak Libra memiliki elemen udara dan menggunakan simbol timbangan. Mereka yang lahir pada tanggal 23 September sampai 22 Oktober dianggap memiliki Zodiak Libra.


8. Scorpio

zodiak scorpio
Tanggal lahir : 23 Oktober - 21 November

Zodiak Scorpio menjadi zodiak dengan urutan kedelapan dalam daftar horoskop. Zodiak Scorpio berasal dari konstelasi rasi bintang Scorpio. Zodiak Scorpio memiliki elemen air dan menggunakan simbol kalajengking. Mereka yang lahir pada tanggal 23 Oktober sampai 21 November dianggap memiliki Zodiak Scorpio.


9. Sagitarius

zodiak sagitarius
Tanggal lahir : 22 November - 21 Desember

Zodiak Sagitarius merupakan zodiak dengan urutan kesembilan dalam daftar horoskop. Zodiak Sagitarius berasal dari konstelasi rasi bintang Sagitarius. Zodiak Sagitarius memiliki elemen api dan menggunakan simbol pemanah. Mereka yang lahir pada tanggal 22 November sampai 21 Desember dianggap memiliki Zodiak Sagitarius.


10. Capricorn

zodiak capricorn
Tanggal lahir : 22 Desember - 20 Januari

Zodiak Capricorn merupakan zodiak dengan urutan kesepuluh dalam daftar horoskop. Zodiak Capricorn berasal dari konstelasi rasi bintang Capricorn. Zodiak Capricorn menggunakan elemen tanah dan memiliki simbol kambing laut. Mereka yang lahir pada tanggal 22 Desember sampai 19 Januari dianggap memiliki zodiak Capricorn.


11. Aquarius

zodiak aquarius
Tanggal lahir : 20 Januari - 18 Februari

Aquarius merupakan zodiak urutan kesebelas (11) dalam daftar horoskop. Zodiak Aquarius berasal dari konstelasi rasi bintang Aquarius yang memiliki elemen angin. Simbol yang digunakan untuk zodiak Aquarius ini adalah Penimba Air. Bagi mereka yang lahir di antara tanggal 20 Januari sampai 18 Februari dianggap memiliki zodiak Aquarius.


12. Pisces

zodiak pisces
Tanggal lahir : 19 Februari - 20 Maret

Zodiak pisces berada di urutan keduabelas (12) dan merupakan zodiak urutan terakhir dalam daftar horoskop. Zodiak Pisces berasal dari konstelasi rasi bintang Pisces. Zodiak ini memiliki elemen air dengan simbol yang digunakan untuk zodiak Pisces adalah ikan. Orang yang lahir pada tanggal 19 Februari sampai 20 Maret dianggap memiliki zodiak Pisces.