Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ragam usaha perlengkapan bayi dan ibu hamil

Memiliki bisnis dan usaha sendiri bisa jadi dambaan bagi sebagian besar orang, apalagi bagi mereka yang berjiwa mandiri dan enggan berada dibawah perintah orang lain. Namun, tak jarang pula banyak orang yang kebingungan dalam menentukan bisnis dan usaha apa yang ingin digeluti.

Ide bisnis sebenarnya bisa muncul dari mana saja, termasuk dari bayi dan anak-anak kecil yang ada di sekitar kita, namun yang dituju tentu bukan anaknya langsung, melainkan orangtuanya. Nggak ada salahnya toh jika kita mengambil peluang dari hadirnya bayi-bayi lucu dan menggemaskan yang sering muncul di postingan Instagram ataupun beranda Facebook.

usaha perlengkapan bayi dan ibu hamil

Lantas, peluang usaha dan bisnis apa saja yang bisa digali dari kondisi ini ? Nah pada artikel kali ini, baba ingin berbagi informasi tentang ragam usaha perlengkapan bayi dan ibu hamil yang mungkin saja bisa menginspirasi anda untuk memulai dan memilih bentuk bisnis yang ingin digeluti.


1. Usaha popok, susu, dan perlengkapan makan bayi

Usaha perlengkapan bayi dan ibu hamil yang pertama dan cukup menjanjikan adalah usaha popok, susu, serta ragam perlengkapan makan bayi. Usaha yang satu ini memang terbilang cukup menjanjikan, pasalnya popok dan susu bayi merupakan salah satu kebutuhan primer yang paling cepat perputarannya.

Bisa dibilang, hampir setiap balita membutuhkan popok untuk digunakan sehari-hari, setidaknya paling minim 3 helai popok digunakan dalam satu hari, prakteknya mungkin bisa lebih dari itu.

Begitu juga dengan kebutuhan susu, selepas dari ASI, balita cenderung lebih banyak mengkonsumsi susu formula. Sebagai pelengkap, anda bisa menambahkan beragam perlengkapan makan bayi, seperti dot, botol susu, tempat makan hingga sendok dan garpu makan bayi.

Memang, keuntungan toko susu dan popok tidak terlalu besar, namun sekali anda berhasil mendapatkan pelanggan, umumnya tempat anda menjadi prioritas pertama untuk membeli perlengkapan bayi seperti popok dan susu bayi tadi.


2. Usaha pakaian bayi

Usaha perlengkapan bayi dan ibu hamil selanjutnya yang cukup menjanjikan adalah usaha pakaian bayi. Ya, usaha pakaian tidak hanya ditujukan untuk kalangan dewasa saja, pakaian bayi dan balita kini juga mulai dilirik sebagai usaha yang menggiurkan.

Seperti bisa diperhatikan, orang tua masa kini memiliki kecenderungan yang besar agar anak juga tetap tampil bergaya dan modis, terlebih ketika harus berbagi informasi melalui medsos.

Semenjak kelahirannya, balita-balita ini sudah mulai dipikirkan pakaiannya, mulai dari bahan, model hingga kelengkapannya seperti sarung tangan, kaos kaki bayi, sepatu, hingga topi kupluk bayi.

Oleh karena itu, bisnis pakaian bayi dinilai sebagai sebuah usaha yang cukup menjanjikan. Dengan pemasarang yang oke, jualan melalui jejaring online pun dirasa sudah cukup sehingga anda tidak perlu lagi membuka toko.

Baca juga :


3. Usaha makanan bubur bayi

Usaha perlengkapan bayi dan ibu hamil yang berikutnya adalah usaha makanan bubur bayi. Bisnis ini lebih cocok bagi anda yang memang hobi kuliner, karena usaha yang dipasarkan disini adalah usaha bubur bayi home made yang dijual selagi segar dan hangat.

Untuk masa kini, usaha makanan bubur bayi cukup banyak dicari, khususnya bagi ibu-ibu pekerja yang tidak sempat memasak bubur sendiri. Dengan bahan-bahan yang berkualitas dan beragam seperti tambahan sayur, ikan , dan daging, hal ini memberikan banyak pilihan bagi calon pembeli.

Selain itu, anda juga bisa menambahkan menu-menu balita lainnya seperti pudding atau bubur sum-sum untuk menambah variasi menu yang dijual.


4. Usaha jasa baby spa

Usaha perlengkapan bayi dan ibu hamil yang keempat adalah usaha baby spa. Usaha ini merupakan jasa perawatan bayi, mulai dari pemandian, urut, hingga terapis bayi. Namun begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuka usaha baby spa ini.

Selain lokasi yang strategis, desain ruang dan interior juga mempengaruhi, kesan hygienis , bersih, dan ceria yang bertemakan bayi menjadi salah satu yang bisa membuat percaya pengunjung. Di sisi lainya, Anda juga perlu memilah dan memilih pegawai serta terapis yang memang mahir dan professional di bidangnya.


5. Usaha sewa mainan bayi dan perlengkapan balita

Usaha perlengkapan bayi dan ibu hamil yang terakhir dalam artikel ini adalah usaha mainan bayi dan perlengkapan balita. Kuda-kudaan, box bayi, baby walker, mobil mainan, bisa menjadi pilihan produk untuk usaha sewa mainan.

Usaha ini bisa menjadi pilihan melihat kecenderungan orang tua yang merasa bahwa mobil mainan, baby walker,dan box bayi, tidak seterusnya dapat digunakan. Paling banter 3 bulan hingga satu tahun lama pemakaian, mainan dan alat bantu tersebut sudah tidak lagi digunakan.

Namun, kebersihan dan perawatan terhadap kondisi alat bermain tersebut wajib anda perhatikan. Dengan begitu orang pasti suka untuk menyewa lagi dan merekomendasikannya ke orang lain.