Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips mengatasi Patah Hati Akibat Di Putusin Pacar

Wajar saja jika saat ini anda merasa sedih, kecewa dan kesepian karena sedang patah hati. Namun ingat, jangan biarkan rasa itu terus berlarut sehingga anda harus bergelut terlalu lama dengan kesedihan. Bangkitlah dan hadapi kembali dunia ini.

tips mengatasi patah hati

Anda tidak bisa hanya mengandalkan waktu saja untuk menyembuhkan luka hati karena waktu tak akan bisa menyembuhkannya tanpa bantuan anda sendiri.

Sekarang saatnyalah anda mulai melakukan langkah-langkah strategis untuk segera bangkit dari patah hati.


#1. Menyangkal Keadaan Sementara Waktu

Kehilangan kekasih secara tiba-tiba sangat menyakitkan hati, jadi tidak ada salahnya jika anda melakukan penyangkalan dengan mengatakan pada diri sendiri bahwa segala sesuatunya baik-baik saja.

Melakukan penyangkalan dapat membuat anda lebih bersiap diri, baik itu untuk perasaan dan mental guna menghadapi dan mengatasi kenyataan yang sebenarnya.

Meskipun begitu, penyangkalan ini juga ada batasnya. Setidaknya butuh beberapa hari untuk mempersiapkan diri guna menghadapi kenyataan.

Yang sebaiknya dilakukan saat ini
  • Ngga perlu membicarakan patah hati yang saat ini sedang anda alami
  • Selalu beri suntikan-suntikan positif pada diri anda sendiri seperti mengucapkan "aku tenang", "aku baik-baik saja" setiap anda merasa galau dan gundah.
  • Lakukan kegiatan rutin sehari-hari seperti biasa
  • Biarkan tumpukan benda kenangan anda bersamanya berada ditempatnya.
  • Cari kegiatan baru yang anda sukai namun tidak pernah dilakukan untuk mengalihkan perhatian.


#2. Penyembuhan Diri

Setelah pikiran dan tubuh anda pulih dari keterkejutan akibat patah hati dan diputusin pacar, anda akan memasuki fase kesadaran.

Saat ini anda mulai mempertanyakan kemampuan diri untuk mengatasi kehilangan itu, seperti misalnya "Apa yang harus saya lakukan tanpa dirinya?"

Dalam usaha untuk menaklukkan gejolak emosi, seringkali orang yang sedang patah hati akan menenggelamkan diri kedalam kesibukan-kesibukan lainnya.

Hal ini sebenarnya kurang baik, karena anda akan merasakan tekanan-tekanan yang lebih dari kesibukan lainnya itu. Yang anda butuhkan adalah waktu untuk memanjakan diri sendiri.

Yang sebaiknya dilakukan saat ini
  • Nikmati waktu santai anda diatas sofa empuk dan nyaman dengan segelas kopi atau teh ditemani buku dan bacaan ringan.
  • Penuhi ketersediaan makanan dan buah dalam lemari es untuk camilan, namun tetap tahan diri anda agar tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.
  • Hubungi sahabat-sahabat anda yang dapat mendukung anda
  • Ikutlah kelas-kelas fitness, gym, yoga atau yang sifatnya olah raga agar bisa membantu melepas ketegangan dalam diri anda.


#3. Mengolah Emosi

Pastikan tubuh Anda dalam kondisi yang segar dan bugar untuk memasuki fase ini. Selami kembali kepedihan-kepedihan hati yang sudah anda alami lalu olahlah emosi-emosi yang terpicu oleh kepedihan tersebut.

Yang sebaiknya dilakukan saat ini
  • Sisihkan waktu sebentar untuk memutar ulang peristiwa penting dari hubungan asmara dalam pikiran anda. Seperti misalnya dengan melihat foto-foto kenangan, benda-benda dari mantan kekasih. Terjemahkan perasaan yang keluar, apakah sakit hati, marah, sedih atau perasaan yang lainnya.
  • Tuliskan segala luapan perasaan yang muncul kedalam selembar kertas. Tulis apa saja, atau jika anda ingin memaki atau bersikap sentimentil disinilah tempatnya.
  • Curhatlah pada sahabat atau orang terdekat yang memang bisa anda percaya. Ceritakan pengalaman yang anda rasakan saat ini.
  • Lepaskan ketegangan anda, anda dapat berteriak sekencang-kencanganya (lakukan di tempat yang tidak mengganggu orang lain, atau tutupi teriakan anda dengan bantal). Kemudian imbangi dengan relaksasi dan kegiatan santai yang anda suka untuk membantu mengendurkan ketegangan dan amarah.



#4. Hibur Diri

Masa-masa menyedihkan sudah sepantasnya anda tinggalkan, kini saatnya anda memberikan imbalan pada diri sendiri untuk merasakan hal-hal yag menyenangkan. Bersenang-senanglah dan hibur diri anda sebaik mungkin

Yang sebaiknya dilakukan saat ini
  • Rencanakanlah perjalanan wisata ke tempat-tempat lain yang ingin anda kunjungi namun anda belum pernah kesana. Cetak dan pajang foto-foto liburan anda di tempat yang mudah terlihat dalam rumah.
  • Pergilah ke sebuah tempat yang sudah lama anda inginkan untuk dikunjungi namun selalu terhalang waktu dan kesibukan.
  • Manjakan diri anda dengan hobi dan minat yang baru.
  • Berikan hadiah kecil pada diri anda sendiri karena berhasil melewati masa-masa sulit dengan sekotak coklat ataupun makanan yang anda suka.


#5. Jadilah Diri Anda Yang Baru

Keberhasilan anda keluar dari masa kelam sudah sepantasnya dijadikan tonggak untuk "Move On". Ubah penampilan menjadi salah satu cara yang tepat untuk memulainya dan jadikan momen patah hati sebagai momen yang tepat untuk memperbaiki diri.

Yang sebaiknya dilakukan saat ini
  • Buat daftar ciri fisik yang paling anda anggap menarik dan berikan perawatan ekstra. Misalnya pada rambut, potong dengan model sekeren mungkin atau mengikuti gaya tren rambut terbaru.
  • Buat daftar tiga sifat baik pada diri anda, lalu pilih salah satu untuk dilatih agar semakin menonjol. Misalnya mengajak orang tua jalan-jalan ke tempat yang mereka suka.
  • Tingkatkan salah satu kemampuan intelektual anda, dan asahlah lebih sering. 

Dengan begitu anda akan menjadi pribadi yang baru meskipun pengalaman pahit baru saja menghantam anda dan anda tetap survive.