Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Tempat Liburan Akhir Tahun Di Kalimantan

Tempat Liburan Akhir Tahun Di Kalimantan - Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah dan tersebar luas. Anugrah dari negara ini sangat indah dan mempesona akan keindahan alam. Salah satunya adalah di pulau Kalimantan.

Seperti kita ketahui bahwa pulau Kalimantan, dibagi menjadi Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan Kalimantan Tengah.

tempat libur akhir tahun di kalimantan

Meskipun tidak sepopuler Bali, Kalimantan menyimpan banyak tempat wisata yang tidak biasa. Memiliki lanskap yang beragam untuk berlibur atau melakukan perjalanan di Kalimantan tidak akan membosankan. Berikut daftar tempat liburan akhir tahun Kalimantan yang dapat Anda kunjungi.


1. Sungai Kapuas

wisata sungai kapuas

Masih ingat pelajaran geografi? Jika Anda masih ingat Anda pasti ingat Sungai Kapuas. Sungai terpanjang di Indonesia ini juga telah menjadi tempat liburan di Kalimantan yang tidak boleh Anda lewatkan.

Sungai ini telah menjadi salah satu kekuatan pendorong masyarakat Pontianak ini memiliki banyak peran. Salah satunya sebagai sarana transportasi yang memfasilitasi mobilitas warga setempat. Anda dapat mengunjungi Sungai Kapuas dan melihat keindahan alam.


2. Bukit Kelam

wisata bukit kelam

Batu raksasa di Kalimantan Barat di pulau ini juga layak untuk Anda kunjungi. Situs ikonik Bukit Kelam Sintang hingga saat ini masih menyimpan banyak misteri. Potongan batu monolitik diklaim sebagai yang terbesar di dunia.

Daerah perbukitan ini menawarkan keindahan alam panorama yang tidak ada duanya. Anda mungkin telah mengikuti puncak Gunung Kelam untuk melihat keindahan kota Sintang. Bersantai, Anda bisa dengan nyaman berkunjung di sini karena telah disediakan tangga yang mempermudah pendaki.


3. Pasar terapung di Lok Baintan

wisata pasar terapung lok baintan

Anda tahu bahkan jika stasiun iklan TV lama yang menampilkan pasar terapung dengan acungan jempol nenek ikon ok yang berada di pasar terapung ini? Lok Baintan terletak di Kalimantan Selatan tempat liburan akhir tahun yang ikonik yang harus dikunjungi.

Pasar ini juga biasa disebut pasar terapung yang terletak di sungai Martapura dan merupakan tempat favorit untuk menghabiskan waktu. Selain unik, Anda juga dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat lokal di sini meskipun hanya sekedar berbelanja.

Pasar terapung merupakan tradisi yang telah dipertahankan sampai sekarang. Oiya, kegiatan perdagangan di pasar terapung Lok Baintan ini dimulai pada 6:00-08:00, jadi usahakan datang pagi-pagi yaa..


4. Taman Nasional Tanjung Puting

wisata tanjung puting

Pilihan lain sebagai tempat wisata untuk berlibur di pulau Kalimantan, Taman Nasional Tanjung Puting yang tidak boleh Anda lewatkan. Taman nasional di provinsi Kalimantan Tengah ini merupakan cagar alam dan tempatnya satwa liar ikonik, salah satunya adalah orangutan.

Saat berlibur di sini Anda juga dapat menikmati hutan hujan Kalimantan yang sangat khas selain dengan kehadiran orangutan di taman nasional ini. Selain itu, Anda juga dapat melihat hewan lain seperti beruang, rusa, monyet proboscis dan kucing liar.


5. Danau Tahai

wisata danau tahai

Keindahan Danau Tahai di Palangkaraya juga mejadi tempat favorit untuk berlibur di akhir tahun. Objek wisata ini menawarkan keindahan danau yang belum ada duanya. Anda dapat berkunjung di Danau Tahai dan mungkin akan melihat jenis monyet khas di sekitar Danau Tahai.

Baca juga :


6. Goa Haji Mangku atau Goa Biru

wisata goa haji mangku

Goa Haji Mangku, yang dikenal dengan nama Goa Biru memiliki keindahan yang menakjubkan. Danau di air biru eksotis selalu terjaga dengan keindahan. Jika Anda ingin menyaksikan keindahan alam Goa Haji Mangku Anda dapat mengunjungi yang berlokasi di Kalimantan Timur.


7. Pantai Pasir Putih, Derawan

wisata pulau gusung derawan

Tempat liburan akhir tahun di Kalimantan ini kerap disebut surga yang tersembunyi di Kalimantan Timur. Pesonanya terbukti telah menarik banyak wisatawan lokal dan mancanegara. Di pulau Derawan ini Anda dapat menjelajahi beberapa pulau-pulau kecil dengan perahu. Salah satunya adalah pulau yang terkenal yaitu Pulau Gusung, pulau yang memiliki pasir putih yang sangat bersih.


8. Danau Labuan Cermin, Biduk Biduk

wisata labuan cermin

Danau yang indah ini terletak di Berau, Kalimantan Timur. Danau Labuan Cermin menjadi salah satu objek yang sering dikunjungi oleh wisatawan asing dan lokal. Pemandangan sekitar Danau Labuan Cermin sangat menenangkan dengan pepohonan yang rindang dan dikelilingi oleh suasana alam yang indah. Tempat ini disebut dengan Labuan Cermin karena memiliki tingkat air yang jernih dan bisa memantulkan cahaya matahari.


9. Air Terjun Gunung Rian

air terjun gunung rian

Wisata Air Terjun ini terletak di kawasan Gunung Rian Safari Desa, Sesayap, Kalimantan Utara. Keindahan eksotis dari air terjun dengan ketinggian 90 meter memikat wisatawan untuk berkunjung karena menawarkan keindahan yang alami.


10. Long Bawan

wisata desa long bawan

Wilayah pegunungan di Desa Long Bawan Krayan, Nunukan. Desa-desa tersembunyi tidak dapat diakses melalui jalan darat, udara. Long Bawan yang tersembunyi di balik pegunungan dan hutan-hutan Kalimantan membuat tempat ini memiliki udara dingin.

Di sini, pengunjung bisa menjelajahi hutan, menjelajahi flora dan fauna, menikmati pemandangan sawah dan peternakan kerbau. Menariknya, pengunjung juga dapat menikmati tarian tabung bari parisanan yang dimainkan oleh suku Dayak.


11. Mentaos Pine Forest

wisata hutan pinus mentaos

Mentaos Pine Forest adalah hutan pinus yang sukses mengundang wisatawan. Jika sebelumnya dari hutan pinus masih tampak biasa dan tidak menarik. Sekarang, sudah menjadi tempat yang menarik untuk tujuan wisata dan liburan.

Hutan pinus mentaos terletak di kawasan Banjarbaru, dan hutan pinus lebih indah dengan kehadiran payung, balon, dan tempat tidur gantung warna-warni.

Nah, itulah 11 tempat liburan akhir tahun di Kalimantan yang menjadi tempat berlibur yang menyenangkan. Dan bagi Anda yang ingin liburan di Kalimantan, jangan lupa untuk mengajak teman, kerabat atau keluarga.