Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mendaftar bareksa online

Cara daftar bareksa online - Sebelum daftar, baba ingin kasih tau dulu apa sih sebenernya bareksa itu? Bareksa merupakan salah satu situs dan aplikasi yang digunakan untuk sobat melakukan investasi dalam bentuk Reksadana.

Di situs dan aplikasi bareksa ini, sobat bisa melakukan investasi keuangan baik untuk jangka pendek (1 tahun atau kurang), jangka menengah (2 - 3 tahun) hingga jangka panjang (3 tahun lebih) dalam bentuk tabungan reksadana.

cara daftar bareksa online

Jadi, bisa dibilang bareksa ini merupakan marketplace reksadana online yang bisa digunakan untuk transaksi jual beli reksadana, penyediaan data reksadana, saham, obligasi , dan lain-lain.

Namun, untuk bisa melakukan transaksi jual beli reksadana ini, kita membutuhkan yang namanya rekening efek, salah satunya caranya adalah dengan membuka akun di bareksa. Dengan begitu, maka kita bisa memulai untuk berinvestasi reksadana.

Di artikel kali ini baba akan menginformasikan bagaimana cara daftar bareksa online, yuk simak cara daftar bareksa online melalui situs web bareksa dibawah berikut.


1. Siapkan dokumen pendaftaran

Langkah pertama untuk mendaftar bareksa adalah dengan mempersiapkan dokumen pendaftaran. Berikut dokumen pendaftaran yang perlu sobat persiapkan
  • Foto E-KTP, kartu tanda penduduk elektronik elektronik, usahakan file gambar memiliki foto yang jelas dan tidak buram.
  • Foto halaman pertama (halaman depan) dari buku tabungan anda (sebaiknya yang namanya sama dengan ktp anda).


2. Buka bareksa.com di browser Anda

2-masuk ke bareksa dot com

Langkah kedua adalah buka situs www.bareksa.com kemudian klik pada tombol "Daftar atau login" yang ada di sisi kiri, atau klik "login" yang ada di sisi kanan atas, perhatikan contohnya pada gambar diatas.


3. Klik Buka akun

Langkah ketiga, anda akan dibawa kehalaman Selamat datang, pilih dan klik tulisan "Buka akun" yang terletak dibawah tombol masuk. Perhatikan pada gambar dibawah berikut :
3-klik buka akun


4. Isikan data dan nomor identitas

Langkah ke 4 adalah mengisikan data dan nomor identitas KTP yang anda miliki. Perhatikan gambar dibawah berikut :

4-isi kolom dengan NIK

Keterangan :
  • Kolom A pilih WNI (untuk Warga Negara Indonesia)
  • Kolom B, isikan dengan 16 angka NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang ada di E-KTP anda
Perhatikan saat mengisi omor NIK, pastikan nomor yang anda input sudah sesuai dengan data NIK pada KTP anda guna menghindari masalah di waktu yang akan datang. Setelah selesai mengisikan data NIK dengan benar, lanjutkan dengan klik "selanjutnya" ( ditandai huruf C)


5. Isikan formulir DATA DIRI

Isikan data diri anda dengan benar pada formulir yang disediakan seperti contoh pada gambar dibawah ini :
5-formulir data diri

Isi email dengan alamat email aktif yang anda gunakan saat ini, lanjutkan dengan mengisi kolom password, nama yang sesuai dengan nama di KTP, kemudian Upload KTP dengan mengklik tombol hijau bertuliskan "ATTACH".

Biarkan proses upload foto KTP selesai lalu lanjutkan dengan mengisi kolom-kolom selanjutnya seperti tempat tanggal lahir, nomor ponsel (gunakan nomor anda yang aktif), jenis kelamin, agama, dll hingga seluruh formulir pada bagian DATA DIRI selesai dan terisi dengan benar.

Baca juga :


6. Isikan formulir DATA LAINNYA

Lanjutkan dengan mengisi formulir bagian DATA LAINNYA yang berisi pendidikan, pekerjaan, penghasilan, sumber penghasilan, dan lain-lain seperti pada contoh gambar dibawah berikut.
6-formulir data lainnya


7. Isikan formulir REFERENSI BANK

Setelah Data Diri dan Data Lainnya terisi dengan benar, lanjutkan mengisi formulir REFERENSI BANK yang berisi data bank yang akan anda gunakan untuk melakukan transfer jual atau beli reksadana. Tuliskan nama bank, cabang, nomor rekening dan nama pemilik rekening dengan benar sesuai dengan yang tertulis di buku tabungan anda. Perhatikan pada gambar dibawah ini

7-formulir referensi bank

Kemudian klik tombol hijau bertuliskan "ATTACH" untuk melampirkan foto halaman pertama dari buku tabungan anda sebagi bukti pemilik tabungan. Tunggu hingga proses upload selesai kemudian periksalah sekali lagi data-data yang anda isikan ke formulir referensi bank ini, baik nama, nomor rekening hingga alamat cabang bank yang anda gunakan. Kesalahan data bisa mepersulit proses dikemudian harinya.


8. Klik persetujuan pada formulir SYARAT & KETETUAN

8-syarat dan ketentuan

Klik lingkaran yang ada didepan tulisan "saya setuju dengan :" sebagai tanda bahwa anda menyetujui ketentuan yang diatur oleh bareksa ini.


9. Bubuhkan tanda tangan elektronik

Pada kolom terakhir dari formulir pendaftaran bareksa ini, bubuhkanlah tanda tangan anda yang sesuai dengan tanda tangan di KTP dan buku rekening.

9-formulir tanda tangan elektronik

Periksa kembali semua data yang sudah anda isikan mulaidari DATA DIRI, DATA LAINNYA, REFERENSI BANK, SYARAT KETENTUAN, hingga TANDA TANGAN ELEKTRONIK. Pastikan dokumen KTP dan Buku tabungan yang dilampirkan sudah terupload semua. Lanjutkan proses pendaftaran bareksa dengan mengklik "Selanjutnya" yang ada di sisi kanan bawah.


10. One Time Password (OTP)

Halaman selanjutnya merupakan halaman permintaan OTP untuk memverifikasi nomer telfon yang anda gunakan, klik bagian request OTP untuk meminta kode berupa sms dari bareksa.

Setelah kode OTP anda terima, isikan pada bagian kolom isian OTP sesuai dengan data yang dikirimkan lewat sms, kemudian klik submit.


11. Tunggu validasi dan Selesai

Setelah data OTP terverifikasi, langkah terakhir anda hanya perlu menunggu 2x24 jam untuk proses validasi data dan lain-lain dari bareksa.

Jika validasi data selesai dan anda sudah diverifikasi oleh bareksa, maka anda sudah bisa memiliki akun rekening efek bareksa yang bisa digunakan bertransaksi jual beli reksadana di bareksa ini.