Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips merencanakan liburan keluarga murah meriah di akhir tahun

Jika berbicara akhir tahun, tak jarang pembicaraan tentang perjalanan wisata selama liburan akan mewarnai timeline dan pertemanan kita. Baik dari media sosial ataupun saat berkumpul setelah tahun baru bersama teman-teman kantor.

Bagi yang sudah berkeluarga, kegiatan mengisi liburan akhir tahun mungkin akan terasa lebih menantang. Selain aktifitas dan kegiatan mengisi liburan di tempat wisata, masalah budget dan biaya liburan menjadi hal utama yang perlu dipikirkan matang-matang sebelumnya.

liburan keluarga murah meriah

Di artikel kali ini, baba akan mencoba berbagi tips merencanakan liburan keluarga murah meriah di akhir tahun yang mungkin bisa membantu. Berikut tips merencanakan liburan keluarga murah meriah di akhir tahun...


1. Pilih tempat wisata yang tidak jauh dari tempat bermukim

Langkah pertama yang perlu anda lakukan saat merencanakan liburan keluarga murah meriah di akhir tahun adalah dengan memilih tempat wisata yang tidak jauh dari tempat anda bermukim.

Kebanyakan orang sependapat bahwa semakin jauh tempat wisata yang dituju, semakin besar biaya yang harus dikeluarkan. Terlebih jika kita melaksanakan liburan bersama keluarga tercinta yang jumlahnya lebih dari 2 orang.

Untuk itu, gunakan waktu tempuh perjalanan sebagai panduan dalam memilih tempat wisata yang tidak jauh dari dari tempat anda bermukim. Pilihlah waktu tempuh perjalanan yang tidak lebih dari 4 jam. Jika lebih dari 4 jam, bisa jadi anda perlu memikirkan biaya dan budget untuk penginapan.

Jika tidak ada pilihan wisata yang dekat dengan tempat anda bermukim dan anda harus memilih tempat wisata di luar kota, ada baiknya untuk memilih tempat wisata keluarga yang wilayahnya dekat dengan sanak saudara atau family dari keluarga dekat.

Dengan begitu, selain untuk mempererat kembali tali silaturahmi dan persaudaraan, anda juga bisa menghemat biaya dan budget untuk penginapan.


2. Siapkan budget dan anggaran belanja se-efektif mungkin

Setelah pilihan tempat wisata di tentukan, kini saatnya bagi anda untuk merencanakan budget dan anggaran belanja. Siapkan budget dan anggaran se-efektif mungkin untuk mencegah pemborosan serta belanja barang-barang yang memang bukan menjadi prioritas utama selama berlibur.

Siapakan seluruh biaya dan anggaran liburan mulai dari hal yang besar sampai yang kecil seperti misalnya tiket perjalanan untuk pulang pergi, bahan bakar kendaraan, biaya masuk tempat wisata, anggaran makan dan minum, hingga belanja oleh-oleh saat berlibur.

Jika perlu catat semua anggaran belanja yang dibutuhkan untuk berlibur untuk dijadikan patokan biaya guna mencegah pengeluaran yang berlebih. Ingat, hemat bukan berarti pelit, prioritaskan apa yang utama bagi keluarga anda selama berlibur.

Baca juga :


3. Susun rencana perjalanan sejelas-jelasnya

Tips merencanakan liburan keluarga murah meriah selanjutnya adalah dengan menyusun rencana perjalanan sejelas-jelasnya. Penyusunan ini penting untuk membantu anda dalam merencanakan waktu liburan dengan efektif, efisien, dan tetap bisa ber-refreshing selama liburan.

Mulai dari jadwal berangkat dan pulang, tempat istirahat selama perjalanan, sampai tujuan harus kemana dan bagaimana, hingga saat anda dan keluarga masuk dan berkunjung ke tempat wisata yang dituju.

Seperti contohnya, jika anda berencana untuk berkunjung selama 3 jam di tempat wisata tersebut, maka anda bisa mengatur aktivftas-aktifitas yang akan anda lakukan bersama keluarga mulai dari main game, bersantai hingga sesi foto-foto bersama.

Semua aktifitas tersebut setidaknya harus anda susun dan rencanakan sedemikian rupa agar semua anggota keluarga bisa menikmati saat saat liburan bersama keluarga.


4. Cari tiket murah secara online atau offline

Jika anda berencana untuk menggunakan angkutan umum sebagai pilihan moda transportasi untuk berlibur bersama keluarga, ada baiknya untuk mempersiapkan tiket perjalanan jauh-jauh hari guna mendapatkan tiket murah.

Anda bisa mengunakan sistem online, yaitu melalui aplikasi-aplikasi dan situs perjalanan wisata. Jangan lupa untuk memfollow akun-akun resmi situs penyedia tiket dan jasa travel karena umumnya informasi dan promo tiket perjalanan wisata murah kerap di informasikan lebih cepat di media sosial tersebut.

Selain online, anda juga bisa mendapatkan tiket murah secara offline. Cobalah untuk mengunjungi kegiatan dan acara publik yang bertema travel fair. Biasanya di acara-cara tersebut kerap menyediakan paket perjalanan murah yang mungkin saja cocok dengan rencana dan tujuan liburan keluarga yang sudah anda rencanakan sebelumnya.


5. Cari kamar hotel murah

Tips merencanakan liburan keluarga selanjutnya adalah dengan mencari kamar-kamal hotel yang murah dan mencukupi untuk anggota keluarga. Kondisi ini perlu anda pertimbangkan jika sebelumnya anda tidak tidak memiliki tempat pilihan menginap lainnya seperti yang sudah dibahas pada poin pertama diatas.

Metode yang digunakan untuk mencari kamar hotel murah umumnya serupa dengan dengan cara mencari tiket murah pada poin no 4, namun yang perlu anda perhatikan adalah kualitas dan pelayanan dari kamar yang disediakan.

Cara termudah adalah dengan memperhatikan rating dan review dari para pengguna yang sudah pernah menginap disana sebelumnya. Semakin banyak informasi rating dan review yang anda peroleh, maka semakin jelas pula bagaimana kualitas dan pelayanan yang diberikan oleh hotel tersebut.