Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Langkah Usir Stres Pra Nikah

Mendekati hari-hari pernikahan rasanya memang cukup mendebarkan. Rasa takut, stres dan mendadak ragu, kerap dialami siapa saja menjelang pernikahan. Coba lakukan langkah-langkah ini untuk membuat hari-hari penantian Anda menjadi lebih nyaman.

9 Langkah Usir Stres Pra Nikah


1. Tulis semua hal pemicu stres

Tuliskan semua tekanan yang dirasa cukup menghimpit serta ketakutan-ketakutan lain yang anda hadapi menjelang hari H. Berikan juga alasan anda sehingga anda menuliskan ketakutan tersebut.

Jika anda merasa tidak bisa mengatasi tekanan tersebut seorang sendiri, cobalah untuk mendiskusikan dengan keluarga terdekat atau dengan pasangan anda sehinga anda tidak merasa sendiri dan selalu ada yang siap untuk membantu anda.


2. Tetap Rileks

Pikiran yang tegang membuat fisik anda juga ikut merasakannya, emosipun menjadi mulai tak terkendali sehingga anda mudah sekali tersinggung. Kesalahan kecil dan sepele bisa menjadi pemicu kemarahan.

Cobalah untuk tetap rileks dengan mendengarkan lantunan musik-musik berirama slow dan menenangkan.

Atau anda dapat juga mencoba bermeditasi sambil mendengarkan suara-suara bernuansa alam seperti kicauan burung, debur ombak dipantai, dan munculkan perasaan senang ketika berada di tempat-tempat tersebut.


3. Persiapkan mental

Dibutuhkan keberanian mental yang cukup besar untuk memulai kehidupan bersama dengan orang lain. Oleh karena itu, persiapan mental bagi anda dan pasangan sangat perlu dilakukan.

Bersikap jujur dan terbuka dengan pasangan akan membuat persiapan menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Ungkapkan kelemahan dan kekurangan masing-masing tanpa ada yang perlu ditutupi lagi.

Segera selesaikan masalah dan perasaan yang masih mengganjal dengan pasangan anda. Belajar saling menghargai dan selalu mengutamakan kebersamaan dapat membuat dan membantu anda dalam mempersiapkan mental menjelang hidup bersama menjadi lebih mudah.


4. Saling Menghargai

Tingkatkan toleransi anda dengan pasangan, kesampingkan ego pribadi dan hindari untuk membesar-besarkan masalah.Hargai setiap pendapat orang lain (termasuk pendapat keluarga pasangan anda).

Banyak pasangan yang menjelang pra nikah berselisih paham, hanya karena perbedaan pendapat tentang penyelenggaraan pernikahan yang sebenarnya tidak perlu dipermasalahkan.

Ingat, bukan cara penyelenggaraan pernikahannya yang penting, melainkan pernikahannya itu sendiri.


5. Komunikasi Lebih Intens

Anda dan pasangan sebaiknya menjadi tim yang kompak dimanapun, baik didepan keluarga anda dan pasangan. Ajak selalu pasangan untuk terlibat dalam persiapan pernikahan, cari waktu yang tepat dan berdiskusilah.

Komunikasi yang intens selain dapat memperkuat persiapan mental, juga dapat mempererat kebersamaan menjelang pra nikah.


6. Atur Kegiatan Dalam Agenda Harian

Tulis dan catatkan di agenda harian anda tentang apa saja kegiatan yang telah dikerjakan hari itu pada saat menjelang tidur. Buat rencana tentang apa kegiatan yang akan dilakukan keesokan hari.

Dengan begitu, anda selalu dapat melakukan evaluasi kegiatan dan perencanaan-perencanaan dengan lebih matang. Selain itu Anda juga akan merasa lebih tenang menghadapi hari H karena persiapan dan perencanaan yang matang.


7. Libatkan Keluarga

Agar anda tidak stress sendiri, mintalah bantuan keluarga. Membentuk kepanitiaan pernikahan dan berikan tanggung jawab yang cukup besar pada orang kepercayan anda untuk membantu pengurusan persiapan pernikahan.

Atau jika anda tidak mau repot, anda dapat mengunakan jasa wedding organizer.


8. Manjakan Diri

Me time tetap perlu dilakukan dan manjakanlah diri anda. Persiapkan tubuh anda untuk memasuki dunia pernikahan. Istirahat yang cukup dan konsumsi makanan yang sehat agar tubuh anda tetap fit di hari H.

Tubuh yang segar bisa menambah sikap optimis dan percaya diri. Sempatkan juga untuk bersenang-senang dengan teman. Biasanya stres langsung hilang begitu anda mendapat partner yang tepat untuk bergembira.


9. Enjoy Aja

Jadikan pengalaman menjadi pengantin yang sekali seumur hidup itu seperti mengadapi kejutan bahagia yang tak terduga. Hindari membuat hari pernikahan bagai menghadapi ujian atau saat saat yang mencemaskan.

Ciptakan kondisi santai dan nikmati setiap momen penting dalam hidup anda. Tepat pada hari H berikan senyuman paling bahagia anda, jangan memikirkan kekurangan yang anda lihat. Bergembiralah karena hari itu adalah hari paling penting dalam hidup anda.