Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 makanan dan minuman favorit saat berbuka puasa

Bagi umat Islam, ketika tiba waktunya berbuka puasa, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang manis. Fungsinya tak lain adalah untuk mengembalikan kadar gula darah yang turun setelah melaksanakan ibadah puasa seharian.

Dikenal sebagai takjil, makanan dan minuman yang manis ini kerap menjadi favorit yang sering dihidangkan untuk menemani waktu berbuka puasa.

9 makanan dan minuman favorit saat berbuka puasa

Meskipun terbilang ringan, jangan pernah sekalipun meragukan sensasi nikmat yang diberikan sederet kuliner untuk berbuka puasa berikut.

Mulai dari beberapa jenis makanan kecil yang memang sudah tak asing lagi, hingga es yang menyegarkan dengan bahan baku berbeda. Berikut adalah 9 makanan dan minuman favorit saat berbuka puasa yang selalu ada setiap puasa Ramadhan.

1. Kolak

Kolak Pisang
Kolak menjadi makanan manis favorit pertama yang selalu hadir saat bulan puasa Ramadhan tiba. Makanan berkuah santan manis dari gula aren ini mengalirkan kenikmatan tersendiri kala melewati kerongkongan.

Kolak dapat diramu dan disajikan dengan variasi hidangan yang berbeda, mulai dari kolak pisang, kolak ubi, kolak singkong, kolak durian, kolak kolang-kaling, dan masih banyak lagi variasi kolak yang berbeda lainnya yang tentunya sangat cocok sebagai teman berbuka puasa.


2. Kurma

kurma
Meskipun bukan buah asli dari Indonesia, buah kurma ternyata menjadi buah paling favorit di bulan Ramadhan. Sebagai makanan berbuka yang disunahkan oleh Rasulullah, kurma banyak memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

Kandungan gula dietnya (monosaccharide) yang cukup tinggi, mampu memberikan tambahan energi seketika karena cepat dan mudah diserap oleh tubuh. Apalagi jika kurma disajikan bersama dengan secangkir teh hangat, menjadikannya semakin nikmat kala berbuka puasa .


3. Biji Salak

biji salak
Nama makanan ini terdengar cukup menyeramkan karena identik dengan biji buah salak. Meskipun begitu, ia tidaklah terbuat dari biji buah salak sungguhan. Biji Salak yang satu ini adalah makanan favorit berbuka puasa berikutnya yang masih segaris dengan Kolak.

Terbuat dari tepung yang dicampur dengan ubi, kemudian dibentuk bulat-bulat, lalu direbus hingga kecoklatan dan disajikan bersama kuah gula serta santan. Bentuknya yang bulat kecoklatan mirip dengan biji buah salak itulah yang akhirnya menjadi cikal bakal nama dari makanan ini.


4. Puding Agar-agar

puding agar agar
Puding agar-agar juga merupakan makanan favorit untuk berbuka puasa. Bertekstur kenyal manis dan lembut, menjadikan Puding dan Agar-agar terasa nikmat saat menemani waktu berbuka puasa, apalagi disajikan dalam kondisi dingin.


5. Aneka Gorengan

aneka gorengan
Gorengan sepertinya juga sudah menjadi salah satu menu makanan favorit saat berbuka puasa, meskipun gorengan ini banyak ditemukan di waktu selain bulan puasa. Rasanya yang renyah, kriuk, dan gurih menjadikan gorengan disukai oleh banyak orang.

Sebutlah Martabak tahu, Kroket, Risol, Tahu isi, Pastel yang dalamnya dijejali beraneka macam isian seperti sayuran, kentang, wortel, bahkan bihun, menjadikan gorengan ini terasa renyah dan nikmat disantap ketika berbuka.


6. Es Blewah

es blewah
Es blewah menjadi salah satu minuman yang sangat khas disajikan ketika bulan ramadhan. Rasanya yang manis dan segar menjadikan Es blewah sebagai takjil yang mampu melepas dahaga seketika.

Es blewah merupakan minuman segar yang terbuat dari buah blewah, umumnya dipadukan dengan bahan pemanis lainnya seperti sirup, susu kental manis,
atau jenis bahan lainnya.

Dengan kandungan vitamin C, vitamin B6, kaya akan serat dan juga kandungan air yang cukup banyak didalam buah ini menjadikan Blewah sangat baik untuk dikonsumsi selepas berpuasa seharian.


7. Es kelapa

es kelapa muda
Air kelapa muda dipercaya mengandung ion elektrolit yang berfungsi untuk mengganti cairan tubuh yang menguap. Bahkan, konon katanya, cairannya ini bisa menggantikan cairan infus bagi mereka yang mengalami dehidrasi.

Hal inilah yang kemungkinan mendasari minuman Es Kelapa menjadi salah satu favorit minuman saat berbuka puasa.

Rasanya yang segar menjadikan Es Kelapa sebagai minuman berbuka yang paling mantap. Tambahkan sedikit gula merah ke dalamnya dapat membantu untuk mempercepat pemulihan tenaga yang hilang saat menunaikan ibadah puasa.


8. Es Timun Suri

es timun suri
Timun suri merupakan tumbuhan yang berasal dari suku labu-labuan. Meskipun rupanya mirip timun tetapi sebenarnya ia tidaklah sama dengan timun. Bentuk daun dan biji buahnya lebih mendekati seperti buah melon atau blewah.

Buah timun suri ini menjadi buah favorit yang sering hadir saat puasa Ramadhan tiba. Rasa buah ini umumnya tawar namun sangat menyegarkan, ya! tak hanya segar di kerongkongan, tapi juga bagus untuk kesehatan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mencampurkan dengan susu atau sirup sebagai pelengkap.


9. Es Sop Buah

es sop buah
Minuman Sop buah menjadi salah satu minuman favorit tatkala waktu berbuka puasa. Meskipun dikenal dengan nama Sop, Sop buah ini bukanlah minuman seperti kuah sop, melainkan campuran dari beberapa jenis buah-buahan yang di ramu dengan kuah berbahan susu kental manis, yoghurt atau pun sirup cocopandan, dan tentunya tanpa proses masak memasak seperti ketika membuat kuah sop pada masakan.

Minuman ini menawarkan rasa manis dan segar dari campuran buah-buahan yang berpadu dengan kuah susu atau pun sirup, menjadikan sop buah sangat cocok untuk dinikmati waktu berbuka puasa.