Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Aplikasi info jalur arus mudik lebaran 2017

Mudik saat hari raya Idul Fitri seakan sudah melekat dan menjadi ciri khas dari masyarakat Indonesia pada umumnya. Jutaan orang beramai-ramai pulang ke kampung halaman untuk bertemu dengan sanak keluarga dan orang tua tercinta. Ya, bertemu dan berkumpul bersama keluarga tercinta merupakan tujuan utama para pemudik.

Oleh karena banyaknya orang yang mudik dalam waktu bersamaan, sudah sangat umum jika akhirnya terjadi kemacetan dengan antrian kendaraan yang sangat panjang dimana-mana, baik itu diruas jalan umum ataupun di ruas jalan tol.

Aplikasi info jalur arus mudik lebaran

Bahkan tak jarang, pemudik harus berjuang lebih dari lebih dari 5 sampai 6 jam untuk keluar dari kemacetan yang terjadi. Rasa capek, penat dan lelah yang luar biasa akibat berada di tengah kemacetan kerap dirasakan oleh pemudik.

Kurangnya informasi akurat tentang jalur alternatif mudik, informasi arus mudik terkini, waktu dan lokasi titik rawan kemacetan, menjadi masalah umum yang sering dihadapi oleh pemudik.

Nah, bagi Anda yang memiliki kendaraan pribadi dan sudah merencanakan mudik lebaran di tahun ini, sangat wajib hukumnya untuk mengetahui info arus mudik disepanjang jalan yang akan Anda lalui hingga sampai ke tempat tujuan.

Berikut adalah daftar 6 Aplikasi info jalur arus mudik yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan update kondisi lalu lintas dengan cepat sehingga bisa menentukan jalur mudik Anda.


1. Google Maps

Google Maps Aplikasi info jalur arus mudik
Google Maps merupakan aplikasi info jalur arus mudik yang bisa Anda gunakan. Memanfaatkan GPS pada perangkat smartphone, aplikasi ini bisa memberikan informasi akurat tentang beragam kondisi mudik yang Anda butuhkan selama perjalanan mudik ke kampung halaman.

Tampilan Google Maps Aplikasi info jalur arus mudik
Seperti misalnya ketika Anda membutuhkan informasi tentang dimana tempat peristirahatan (rest area) selanjutnya, restoran, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), prediksi waktu tempuh yang akurat, bahkan sampai informasi keadaan dan kondisi lalu lintas seperti penutupan jalan, kemacetan, lokasi kecelakaan, dan lain sebagainya.

Informasi ini tentunya sangat berguna sehingga memungkinkan bagi Anda untuk memilih jalur alternatif lainnya apabila menjumpai keadaan tersebut.


2. Waze

Waze Aplikasi info jalur arus mudik
Lain Google Maps lain pula Waze, ya aplikasi berbasis peta dan navigasi ini memiliki keunikan tersendiri terkait penggunanya. Waze sejatinya adalah wadah komunitas aplikasi berbasis lalu lintas dan navigasi terbesar di seluruh dunia.

Anda bisa bergabung dengan semua pengendara di sekitar Anda yang dengan mudah bisa berbagi semua informasi terkait info jalur arus mudik disepanjang jalur yang akan Anda lalui.

Informasi yang tersaji dari para penggunanya ini pun tergolong real time, cepat dan up to date. Aplikasi Waze secara otomatis mengumpulkan berbagai data tentang keadaan yang ada di sepanjang jalur arus mudik langsung dari setiap penggunanya seperti penutupan dan pengalihan jalan, razia polisi, kecelakaan, kemacetan dan lain sebagainya

Tampilan Waze Aplikasi info jalur arus mudik

Selain itu, dengan berbekal aplikasi waze ini, Anda juga bisa mengetahui perkiraan waktu kedatangan Anda di tempat tujuan dengan cukup akurat.

Apalagi ditambah dengan fitur pemandu jalan berbasis suara, memungkinkan Anda untuk mendengar arah yang ditunjukan tanpa perlu melihat ke layar smartphone Anda. Sebuah fitur yang tentunya juga sangat berguna bagi para pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua (motor), terutama untuk pemilihan jalur alternatif dalam kota sebagai jalur arus mudik Anda.


3. Here WeGo

Here wego Aplikasi info jalur arus mudik
Salah satu kelebihan yang ditawarkan aplikasi Here WeGo sebagai info jalur arus mudik ini adalah ia bisa tetap berfungsi ketika tidak ada jaringan internet (offline) asalkan Anda sudah mendownload peta offline untuk wilayah Indonesia yang juga sudah tersedia didalam aplikasi Here WeGo tersebut.

Jadi ketika Anda berada pada jalur mudik yang wilayahnya belum tersedia jaringan internet, maka Anda tidak perlu merasa khawatir akan kehilangan arah, pasalnya fitur real time navigation yang disediakan Here WeGo ini akan tetap bekerja normal seperti biasa.

Tampilan Here wego Aplikasi info jalur arus mudik
Sesuai dengan fungsinya sebagai penunjuk jalan, saat difungsikan Here WeGo akan langsung menanyakan lokasi dan tujuan pengguna. Setelah lokasi ditentukan, Here WeGo akan menawarkan moda transportasi beserta dengan jalur alternatif sekaligus estimasi waktu tempuh yang akan Anda gunakan.

Fitur Here WeGo lainnya yang bisa membantu Anda saat melintas di jalur mudik adalah fitur nearby (online), dimana Anda bisa mencari SPBU terdekat, restoran, tempat peristirahatan, Bank/ATM, lokasi pasar, hotel dan lain sebagainya.


4. Peta Mudik Metro TV

Peta Mudik Metro TV  Aplikasi info jalur arus mudik
Aplikasi garapan anak bangsa, Peta Mudik Metro TV menghadirkan beragam informasi terkait jalur dan kondisi arus mudik lainnya selain menu utamanya sebagai peta navigasi.

Tampilan Peta Mudik Metro TV  Aplikasi info jalur arus mudik
Setidaknya, terdapat dua belas fitur utama aplikasi Peta Mudik Metro TV yakni Rute Mudik, Peta Interaktif, Jadwal Transportasi, Info terkini, Cari tempat, Berbagi info, Rombongan, Info penting, Kejutan Mudik, Streaming dan Perkiraan cuaca.

Agar Anda bisa menggunakan fitur-fitur tersebut secara maksimal, Anda harus mendaftar dan melakukan log-in terlebih dulu, bisa menggunakan nomer telephone atau akun Facebook.


5. CNN Go Mudik

CNN Gomudik  Aplikasi info jalur arus mudik
Seperti halnya Peta Mudik Metro TV, CNN Go-Mudik ini juga menghadirkan beragam informasi online terkait dengan arus mudik dan kondisi terkininya. Dikembangkan dari platform Petakita, portal informasi berbasis peta online Indonesia dengan dukungan publikasi dari CNN Indonesia.

Tampilan CNN Gomudik  Aplikasi info jalur arus mudik

Ada beberapa informasi dan fasilitas yang disediakan GoMudik ini diantaranya:
  1. Berita dan informasi seputar mudik hasil reportase CNN Indonesia dan pantauan CCTV sepanjang jalur mudik.
  2. Info lalu lintas yang diperoleh dari petugas di lapangan, pantauan CCTV dan tracking, pengguna, serta pembicaraan di media sosial.
  3. Foto dan video suasana jalur mudik yang dikirimkan pengguna aplikasi.
  4. Fasilitas untuk melaporkan kondisi jalur mudik.
  5. Fasilitas rekomendasi jalur dan navigasi antar kota di jalur mudik
  6. Fasilitas untuk berinteraksi antar sesama pemudik.
  7. Info lokasi menarik di jalur dan tujuan mudik, dalam 5 kategori: wisata, kuliner, bisnis, sosial, dan event
Aplikasi GoMudik ini sangat bermanfaat untuk menemani perjalanan Anda agar cepat untuk menemukan informasi terkait mudik disepanjang jalur mudik Anda.


6. Jalur Mudik BRI 2017

Jalur Mudik BRI 2017 Aplikasi info jalur arus mudik
Aplikasi Jalur Mudik BRI 2017 adalah aplikasi yang dibangun oleh detikcom bekerjasama dengan Bank BRI, fungsinya sebagai pusat segala informasi yang Anda butuhkan ketika melakukan perjalanan mudik tahun 2017.

Tampilan Jalur Mudik BRI 2017 Aplikasi info jalur arus mudik

Beragam fitur yang menarik dan berguna sudah disematkan guna menemani perjalanan mudik Anda, yaitu :
  1. Pencarian Tempat yang berguna untuk menemukan tempat apapun di sepanjang jalur mudik Anda, mulai dari musholla, masjid, ATM, restoran hingga objek wisata
  2. Info Mudik yang berisikan informasi terkini seputar arus mudik 2017 seperti informasi lalu lintas, transportasi umum dan informasi menarik lainnya mengenai jalur mudik.
  3. Jadwal Shalat yang dapat membantu kamu untuk memperoleh informasi jadwal sholat kapanpun dan dimanapun
  4. Fitur Di Sekitar Anda ini berisi rekomendasi tempat-tempat menarik dan penting di sekitar Anda seperti SPBU, rest area, klinik kesehatan, hotel dan lainnya dengan jarak tempuh terdekat yang dapat anda tentukan sendiri.
  5. Game "Berkah Mudik BRI", game kompak dari BRI untuk menghibur Anda selama perjalanan mudik.
  6. Promo dan Info Layanan Terbatas BRI (BRI Zone). Informasi promo terkait Bank BRI beserta info layanan Bank BRI yang akan buka pada hari raya Idul Fitri di fitur Layanan Terbatas BRI