Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat dalgona coffee

Dalgona coffee ?? Apa sih ? Well, nama inilah yang beberapa waktu belakangan ini berseliweran di berbagai media sosial dan banyak menjadi perbincangan lord netizen. Sesuai namanya, Dalgona coffee ini artinya kopi dalgona.

Kalo bentuknya yaa... dalgona coffee ini merupakan minuman kopi, tapi ..... isinya bukan kopi lhoo, melainkan susu full cream yang bagian atasnya diberi topping yang bentuknya seperti whipped cream. Nah cream inilah yang disebut dalgona coffe karena dalam pembuatannya menggunakan kopi sebagai bahan dasarnya.

Untuk nama Dalgona-nya sendiri bukan tanpa sebab, dari beberapa sumber yang baba dapatkan, Dalgona ini merupakan permen gula tradisonal khas negeri gingseng Korea. Permen dalgona ini terbuat dari gula pasir dan baking soda yang dimasak beersamaan hingga menjadi karamel.

Nah karamel ini kemudian dibentuk dan dibiarkan mengeras sehingga menjadi sebuah permen yang dinamakan Dalgona. Rasa dari cream pada dalgona coffee inilah yang dianggap menyerupai rasa permen dalgona sehingga menjadi tren dengan nama dalgona coffee.

Jadi, dalgona coffee ini merupakan minuman susu full cream yang dibagian atasnya diberi topping tebal berbentuk cream yang dibuat dari kocokan bahan pembuat cream dan kopi. Kalo dah jadi, kek gini nih bentuk Dalgona cofee

cara membuat dalgona coffee

Untuk membuat Dalgona coffee ini sebenarnya cukup mudah, siapkan saja bahan-bahan dalgona coffee seperti dibawah ini


Bahan dan resep Dalgona Coffee

Bahan dan resep dalgona coffee ini terbagi menjadi 2, yaitu bahan untuk membuat cream dan bahan untuk minumannya. Khusus untuk minumannya, kita tidak perlu repot karena hanya membutuhkan susu putih cair full cream saja yang bisa ditambahkan es batu jika ingin diminum dalam kondisi dingin.

Bahan untuk membuat cream Dalgona Coffee

  • 2 sendok makan (sdm) kopin instan
  • 2 sendok makan (sdm) gula pasir
  • 2 sendok makan (sdm) air panas

Bahan untuk membuat minuman Dalgona Coffee

  • 200 ml susu putih full cream cair (fresh milk)
  • Es batu (secukupnya)

Cara membuat Dalgona coffee

  1. Untuk membuat creamnya, masukkan kopi instan, gula pasir dan air panas ke dalam satu wadah.
  2. Kocok bahan-bahan tersebut hingga menjadi foam yang lembut. Sangat disarankan untuk menggunakan mixer dan aduk sekurang-kurangnay 3 menit agar foam yang dihasilkan bisa benar-benar mengembang dan lembut.
  3. Ambil gelas, lalu tuangkan susu cair ke dalam gelas tersebut dan tambahkan es batu
  4. Tuangkan cream lembut yang sudah kita buat sebelumnya tepat di atas susu.
  5. Dalgona coffee siap untuk dihidangkan

Catatan

  • Keberhasilan membuat Dalgona coffee ini adalah apabila foam creamy yang dibuat bisa mengambang di atas susu full cream.
  • Kreasi Dalgona coffe ini tidak terbatas, dari hasil penelusuran yang baba dapatkan, dalgona coffe ini bisa dibuat dengan beberapa varian rasa seperti milo, chocolatos atau green matcha.