Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melawan rasa tak nyaman


Seringkali kita merasa tak nyaman dengan apa yang kita alami, merasa serba salah, lesu, kecewa, tanpa tahu persis apa penyebabnya. Akibatnya, tugas-tugas utama yang seharusnya bisa kita selesaikan malah terbengkalai dan tidak terurus.

Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi dan melawan rasa tak nyaman tersebut.
  1. Dengarkan Musik ;
    Mendengarkan musik yang sesuai dengan perasaan yang saat ini Anda rasakan bisa melapangkan perasaan Anda. Misalnya, ketika merasa sedih, cobalah dengarkan musik melankolis. Sekilas hal itu sepertinya menambah kesedihan, tapi setelah empat atau lima lagu, biasanya akan muncul perubahan positif.
  2. Berolahraga ;
    Olahraga dapat memperkuat stamina dan kesehatan Anda, cobalah untuk berolahraga sedikitnya 20 menit dan lakukan 3-5 kali seminggu. Pilih jenis olahraga yang ringan dan tidak terlalu membebani secara fisik namun tetap memiliki unsur aerobik, seperti contohnya jalan santai, bersepeda, renang atau berlari.
  3. Isitrahat yang cukup ;
    Tidur menjadi obat paling ampuh untuk mengatasi kelelahan dan rasa capek. Aturlah waktu tidur Anda agar dapat mencukupi waktu istirahat yang memang dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk beristirahat.
  4. Makanlah dengan porsi dan aturan yang benar ;
    Memilih dan menentukan pola makanan yang Anda konsumsi dapat menentukan kadar kimia yang dihasilkan bagi tubuh Anda. Menurut penelitian, karbohidrat adalah makanan yang memiliki efek menenangkan, sedangkan protein cenderung meningkatkan kewaspadaan dan energi mental. Pilihlah makanan yang memenuhi syarat kebutuhan gizi 4 sehat lima sempurna.
  5. Kreatif dengan Warna ;
    Untuk menghindari kemarahan, jauhi warna merah. Untuk mengatasi depresi hindari warna yang dapat membuat Anda lelah seperti warna hitam atau biru tua. Untuk mengurangi rasa cemas, pilihlah warna-warna netral.
  6. Selalu berfikir positif ;
    Rasa tak nyaman sering muncul dari pikiran-pikiran yang tidak realisitis. Berfikir postif akan membawa semangat baru dan rasa yang lebih baik kedalam diri serta dapat mengurangi pikiran yang tidak realistis.